5 April 2012

Manusia dan Penderitaan

Manusia dan Penderitaan


Definisi Manusia dan Penderitaan
penderitaan berasal dari kata derita. kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan.

Pengertian penderitaan menurut pribadi
menurut saya penderitaan itu adalah menahan atau menanggung masalah yang tidak kita inginkan sehingga batin terasa tidak nyaman. penderitaan merupakan realitas manusia yang artinya setiap manusia pasti pernah merasakan penderitaan baik yang ringan ataupun yang berat, hal itu sudah merupakan resiku hidup.


Dikatakan penderitaan yang ringan yaitu menanggung masalah yang masih dapat di tangani dengan mudah, sedangkan penderitaan yang berat adalah menanggung masalah yang sulit untuk di selesaikan atau bahkan tidak dapat di selesaikan, tergantung bagaimana cara kita menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut.

Tidak selamanya penderitaan selalu membuat tidak nyaman tetapi di balik setiap penderitaan pasti ada hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil untuk di jadikan suatu pengalaman yang pada akhirnya menjadi sesuatu yang indah dan kebahagiaan, karna tuhan tidak hanya memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada umatnya tetapi juga memberikan penderitaan dan kesedihan untuk manusia sadar bahwa kehadiran tuhan itu nyata dan tidak berpaling dengan-Nya.

Pengaruh Penderitaan
orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam - macam sikap dalam dirinya. sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negatif. sikap negatif misalnya penyesalan karna tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri.

sikap yang positif yaitu sikap optimis untuk mengatasi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan , dan menganggap penderitaan itu hanyalah bagian dari kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar