23 Maret 2012

Manusia dan cinta kasih


Manusia dan cinta kasih

Definisi

Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:


    Perasaan terhadap keluarga
    Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
    Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
    Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
    Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
    Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
    Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
    Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
    Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme

Kasih sayank
Pengertian kasih sayank menurut kamus umum bahasa indonesia adalah perasaan sayank, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.
Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayank merupakan kunci kebahagian. Kasih sayank ini merupaan pertumbuhan dari cinta percintaan muda – mudi (pria – wanita) bila di akhiri dengan perkawinan, maka didalam berumah tanggal keluarga muda itu bukan lagi bercinta – cintaan tetapi sudah bersifat kasih mengasihi atau saling menumpahkan kasih sayank.

Arti cinta menurut pribadi
Menurut saya cinta itu adalah suatu perasaan kasih sayang terhadap orang yang kita cintai
Dengan memberikannya perhatian dan kepedulian yang lebih di bandingkan dngan orang lain.

Awal terbentuknya cinta dari berbagai segi :

1.       Cinta terhadap lawan jenis
Cinta terhadap lawan jenis adalah cinta yang paling sering terjadi dikalangan muda yaitu pria dengan wanita, awal terjadinya cinta dikarenakan pandangan pertama dari pandangan pertama ini mendorong untuk saling dekat dan pada akhirnya timbulah rasa ingin memiliki.

2.       Cinta terhadap Darah daging atau cinta terhadap persaudaraan
Cinta ini sudah tertanam sejak kita dilahirkan yaitu kasih sayang ibu terhadap anaknya, ibu akan melakukan apa saja untuk memenuhi kebutuhan anak yang dia cintainya seperti merawat sejak lahir hingga besar, melindunginya dari hal hal negativ atau yang dapat membahaykan dirinya, mengajarkan untuk dapat membedakan baik dan buruknya kehidupan, karna kasih sayang orang tua terhadap anaknya sangatlah besar dan tidak tertandingi, tapa kasih sayank orang tua kita tidak dapat hidup bahagia di dunia.

3.       Cinta terhadap Allah SWT
Puncak cinta manusia, yang paling bening, jernih dan spiritual ialah cinta dan kerinduanya terhadap Allah, tidak hanya dalam shalat, pujian, dan doanya saja, tetapi juga dalam semua tindakan dan tingkah lakunya, semua tingkah laku dan tindakannya ditujukan kepada Allah, mengharapkan penerimaan dan Ridha-Nya

Kesimpulan dan saran :
Cintailah orang yang mestinya kita cintai dengan sebagaimana mestinya, tulus, ikhlas dan tidak setengah – setengah, karna dengan adanya cinta dan kasih sayank hidup kita akan lebih berarti dan lebih bermakna.

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus