6 Juli 2014

Cerpen : Rama dan Romlah

Rama, Adalah siswa dari SMK sekitar Jakarta kelas 1 jurusan SMIP, di kelas dia memiliki teman dekat perempuan yang bernama Romlah, mereka adalah sahabat sejak menjadi pelajar di sekolah tersebut.. karna kedekatan mereka dan kecocokan mereka Rama akhirnya jatuh cinta dengan Romlah, namun Rama tidak ingin mengungkapkannya karna Rama takut ditolak dan merusak persahabatan mereka.

pada suatu hari ketika jam istirahat, sehabis Rama mengikuti rapat OSIS rama pergi ke kantin untuk berkumpul bersama teman" yang biasa bersama Rama termaksud Romlah, namun apa yg Rama liat adalah Romlah yang sedang bersama siswa lain terlihat sangat dekat dan mesra berpegangan tangan layaknya seperti sepasang kekasih, Serentak Rama kaget dan bertanya - tanya dalam pikirnya "siapa dia, kenapa begitu dekat dan bahkan berpegangan tangan layaknya berpacaran"
Rama membatalkan niatnya untuk pergi ke kantin dan menuju ke kelas, sesampainya di kelas Rama bertanya kepada teman dekatnya Romlah yaitu Sari
Rama : "Sari kamu tau gak itu yang lagi sama si Romlah siapa ? mesra banget"
Sari : "owh itu si Anggi, pacar barunya si Romlah, masa lu gak tau"
Rama : "owh baru tau gw, ok deh makasih ya Sari"

bell sekolah berbunyi pertanda waktu pulang tiba, Rama terlihat sangat buru - buru, tanpa pamit dan kumpul - kumpul seperti biasanya Rama segera beranjak untuk pulang.

sedangkan Romlah masih berada di depan sekolah berkumpul bersama dengan yang lainnya, satu - persatu teman Romlah berpamitan untuk pulang hingga hanya tersisa Sari teman perempuan dekat Romlah
Sari : "Romlah udah yu kita pulang udah sepi nih mau ngapain lagi ?"
Romlah : "tunggu gw belum liat si Rama, Rama ngapain ya kok jam segini belum turun"
Sari : "Rama ? dia mah udh pulang dari tadi kali Romlah"
Romlah : " loh ko gw gak liat ya ? tumben kenapa gak pamitan dulu"
Sari : "gak tau tadi dia keliatan buru - buru"

dengan raut wajah yang khawatir akhirnya Romlah pulang.

sesampainya di rumah Romlah segera mengambil HPnya lalu mengirim pesan ke Rama yg berisi "Rama, lo tadi kemana kok pulang gak pamit dulu"

sedangkan Rama sesampainya di rumah dia langsung menuju kamarnya dan berbaring sambil merenung "kenapa gw kaya gini, kok gw gak suka liat Romlah deket dengan cwo lain, apa ini yg namanya cemburu, gak, gw gak boleh begitu kalau Romlah tau dia pasti bakal benci bgt sm gw, gw harus jaga jarak"
HP berdering pertanda ada sms masuk di HP Rama, namun Rama hanya membacanya dan tidak membalasnya.

keesokan paginya pada jam 6 Romlah sudah tiba di sekolah, Romlah tidak langsung menuju kelas, dia berdiri di depan pintu menunggu kedatangan Rama, namun hinggal bell masuk berbunyi Rama tidak kunjung datang, Romlah semakin khawatir dengan Rama karna biasanya jam 6 Rama sudah sampai di sekolah.

30 menit setelah bell masuk berbunyi akhirnya Rama pun tiba, untungnya guru kali ini sedang berbaik hati dan mengijinkan Rama yang telat untuk masuk kelas.

tidak ada waktu untuk bercakap dengan Rama, Romlah tetap mengikuti pelajaran.

bell istirahat berbunyi setelah guru keluar kelas Romlah segera menghampiri Rama dan bertanya
Romlah : "Eh Rama lo kemaren kemana kok buru buru gak pamit dulu"
Rama : "gw.. gw kecapean aja itu jadi buru buru pulang"
Romlah : "lu sakit ? trus kenapa gak bales sms gw ?"
Rama : "engga cape doang ko, pulsa gw lagi abis jd gak bisa bales, sorry ya"
Romlah : "yadah ke kantin yu udah laper nih gw"
Rama : "duluan aja deh gw lagi gak nafsu makan"
Romlah :"ya ngemil apa kek mang lu gak laper Ram ?"
Rama :"udah duluan aja gw lg gak ada selera makan sedikitpu"
tiba tiba Sari melontarkan kata kata
Sari : "lu kenapa si Ram ? cemburu ya hehe"
Sari yg sambil tertawa
suasana menjadi hening untuk beberapa saat
Rama : "ha ? a.. apaan si lu sipit ! udah sana gw mau tiduran"
Romlah : "Sari apaan si lu, udah yu !"
sambil menarik tangan Sari

sesampainya di kantin Romlah bertanya kepada Sari atas apa yang telah Sari katakan kepada Rama

Romlah : "Sari tadi ko lu ngomong gitu si sama Rama"
Sari : " ya abisnya si Rama udah ketauan cemburunya"
Romlah : "maksudnya cemburu sm siapa si Sari ?"
Sari : " ya sama lu lah, tau gak kemaren itu pas istirahat si Rama ngeliat lu lg sama si Anggi mesraaaa bgt, trus dia kepoin lu lewat gw deh, nanya nanya gitu deh gw pikir dia udah tau lu pacaran sm si Anggi, eh pas gw perhatiin dari tingkah lakunya udah ketahuan si Rama cemburu sm lu"
Romlah hanya terdiam sambil melahap jajanan di kantin.

jam pulang tiba, Rama kembali terlihat buru buru dan beranjak untuk pulang, namun kali ini Romlah mencegahnya
Romlah : "eh rama mau kemana lu buru buru banget"
Rama : "gw mau balik ada urusan"
Romlah :"jiah urusan apaan paling maen game, sini kumpul dulu mau ngomongin soal jalan - jalan"
Rama : "hahaha tau aja luh, yowis ayo dah"

mereka pun kumpul dengan yg lain di depan sekolah merencanakan untuk jalan - jalan bersama. namun di tengah kebersamaan mereka tiba - tiba datang Anggi, mendekati romlah dan menyapanya lalu mengajaknya ngobrol, buat Rama suasana pada saat itu sangatlah berbeda dan panas, sehingga Rama memutuskan untuk pulang.
setelah beberapa saat kemudian Rama pulang namun Romlah tidak menyadarinya karna sedang asik bersama Anggi, lalu setelah beberapa saat Romlah berpisah dengan Anggi, Romlah pun bertanya kepada Sari

Romlah :"Sari, si Rama kemana ?"
Sari :"pulang dia, lu ngapain orang lagi ngomongin buat jalan - jalan nnti juga"
Romlah hanya terdiam dengan wajah yang resah.
kemudian Sari dan Romlah memutuskan untuk pulang kerumah masing - masing.
sesampainya di rumah Romlah mengambil HP dan mengirimkan pesan ke Rama
Romlah :"Rama tadi kemana ? gak pamit lagi, gw nyariin tau"
setelah menunggu 1jam lebih tapi Rama tidak membalasnya akhirnya Romlah memutuskan untuk menelponnya
dering HP milik Rama berbunyi Rama bimbang, diangkat atau tidak, setelah 30 detik HP Rama berbunyi akhirnya Rama mengangkatnya.

Romlah :"halo Rama, tadi kemana ? kok gak bales sms gw"
Rama :"emm.. tadi gw ada urusan jadi buru - buru, gw lagi gak ada pulsa"
Romlah :"yee so so'an urusan, paling juga main game lu mah, kenapa si ?" sambil tertawa kecil
Rama :"hahaha iya itu dia urusannya, abis lu tadi keliatan asik bgt sm anggi, dari pada w nunggu lama - lama mending gw balik main game"
Romlah :"yee game mulu lu mah"
Rama :"biarinn" sambil meledek
Romlah:"Rama, ada yang mau gw tanyain"
Rama:"tanya apa ?"
Romlah:" lu kok berubah ram"
Rama:"maksudnya ?"
Romlah:"lu cemburu ya ?"
Rama terdiam untuk beberapa saat
Rama :" tadi gimana rencana buat jalan - jalannya" mencoba mengalihkan pembicaraan
Romlah:" Rama, jawab.."
Rama:"hmm kok pertanyaan lu gitu, gw gimana jawabnya"
Romlah:"jawab jujur aja, gw gak akan nanya lagi"
Rama:"iya.. iya gw cemburu, gw gak suka ngeliat lu sm cwo lain karna itu gw pulang,  sebenernya gw suka sama lu dari kita baru kenal, tapi gw gak berani untuk ngungkapinnya karna gw takut lu jadi benci sama gw dan merusak persahabatan kita, gw gak mau jauh dari elu, pasti sekarang lu benci bgt ya sama gw, maap ya Romlah klo gw udah ngomong kaya gini tp gw janji bakal berubah demi elu." Rama mengakhiri telfonnya.
Romlah:"Rama tunggu.."

Romlah terdiam dan menangis..

keesokannya dikelas Rama terlihat sangat cuek dan selalu menghindar baik dengan Romlah maupun dengan teman sekelompokannya, Rama juga pindah tempat duduk..
walau di kelas Romlah bersama dengan Anggi tapi tatapan Romlah selalu kearah Rama
hari demi hari Rama semakin menjauh.

tiba saatnya untuk jalan - jalan 1 kelas tour ke Sea Word, seluruh murid terlihat gembira kecuali Romlah, dia terlihat murung tidak seperti biasanya..
sesampainya di tempat Rama melihat Romlah sendiri di depan aquarium sambil menangis.
Rama kaget dan khawatir melihat Romlah yang sedang menangis, lalu Rama menghampiri Romlah
Rama:"Romlah kok sendirian aja, dan lu juga kenapa nangis ?"
Romlah:"engga apa apa kok, engga gw gak nangis"
Rama:"masa sih gak nangis trus apa itu yang jatoh dari mata lu ? tai mata kah ?" mencoba menghibur Romlah
Romlah:"ihh bukan ini air mata tau" sambil tertawa kecil dan menghapus air matanya
Rama:"berarti bener kan gw, lu nangis"
Romlah:"au ah lu mah ngeledek"
Rama:"siapa yang ngeledek orang gw cuma nanya, klo boleh tau lu kenapa nangis ?"
Romlah:"hmm, gw putus sama Anggi"
Rama :"ha ? kenapa ? maap Romlah gw turut prihatin"
Romlah:"iya gpp, gw putus dari Anggi karna gw emang gak suka sama dia, gw terpaksa jadian sm dia, dia selalu ganggu gw kerna dia ngarep bgt buat gw nerima dia, gw gak mau kerna dia gw jadi kehilangan temen deket gw, kehilangan sahabat terbaik gw, kehilangan orang yang gw sayang dan gw cintai, gw tau lu cemburu tapi gak gitu caranya, itu nyiksa gw, lu jahat bgt sih ram.. gw gak mau jadi sahabat lu lagi, gw benci sama lu"

Rama terdiam dan terlihat shock dengan apa yang dikatakan oleh Romlah

Rama:"iya gw emang udah jahat bgt sama lu wajar klo lu benci gw, maap ya romlah" 

Rama membalikan badan untuk pergi meninggalkan Romlah

Romlah :"Rama tunggu, tapi orang yang gw sayang dan cintai itu elu, gw mutusin Anggi itu demi elu, gw benci elu itu gw bener - bener cinta sama lu, dan gw gak mau jadi sahabat lu lagi itu karna gw mau lu jadi pacar gw.. Rama ini jujur dari hati gw, elu mau kan jadi pacar gw ?" Romlah yang menangis sambil memegang tangan Rama menahan agar dia tidak pergi

Rama hanya terdiam dan kaget dengan apa yang dikatakan oleh Romlah
kemudian Rama membalikan badannya dan menggenggam kedua tangan Romlah sambil berkata
Rama:"jika tuan putri Romlah berkata demikian Rama siap menjadi pangeran yang mendampingi tuan putri, dan melindungi tuan putri" sambil tersenyum dan memperagakan layaknya seorang pangeran yang menggoda tuan putri

Romlah:"apaan si Rama malu tau banyak orang" sambil tersenyum malu
Rama :" hehehe biarin kan biar kaya di film - film, jadi kita sekarang pacaran ?"
Romlah :"iyaaa pangeran jangkung haha" sambil meledek Rama
suasana pada saat itu menjadi romantis buat mereka
merekapun berbicara banyak hal sambil melihat keindahan aquarium

lalu mereka menggambar simbol hari jadian mereka

original written by me
to be continue.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar