7 Juli 2014

mau baterai smarphone mu awet ? stop chargin semalaman

Biasanya orang menggunakan smartphonenya dari baterai full di pagi hari hinggal low (sekitar dibawah 10%) di malam hari, kemudian mereka charging ditinggal tidur berharap ketika bangun smarphone baterai smarphone sudah penuh dan siap digunakan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai kebiasaan ini.

Ada perangkat yang menerapkan standar baru, jika smarphone penuh maka akan memutuskan arus dan mulai menggunakan arus untuk smarphone, jadi dari arus charger langsung ke smartphone tidak melewati baterai terlebih dahulu. biasanya perangkat keluaran terbaru yang sudah menerapkan cara ini.

namun bagaimana dengan smartphone yang masih menggunakan cara charging lama, ketika daya baterai mulai berkurang karena tetap dipakai menangkap sinyal, update, idle dan lain-lain, setelah sekian persen, misalnya 95% maka arus listrik diterima lagi untuk mengisi baterai sampai penuh kembali, dan kejadian ini terus berulang.

jadi  untuk baterai bertype lithium-ion atau lithium-polymer tidak memiliki memori efek seperti baterai Ni-Cd jaman dulu, tetapi memiliki waktu siklus. Siklus ini ketika sudah dilampaui, misalnya 500 cycle atau 1.000 cycle, kemampuan baterai untuk menyimpan kapasitas maksimum mulai menurun. artinya semakin sering kita charge semakin berkurang umur dari baterai smartphone anda. Misalnya kalau kita sehari men-charge sekali, diperkirakan setelah 1 tahun lebih baru batas cycle terpenuhi.

Jika ditinggal tidur maka dalam satu malam pengisian bisa jadi akan dilakukan beberapa kali. Ini akan memangkas jangka waktu siklus jadi lebih pendek.

ada baiknya mengikuti saran ini. Membiarkan ponsel di-charge semalaman mungkin tidak membahayakan. Tapi dengan tidak membiarkannya berlama-lama menempel dengan charger dan arus listrik, akan membuat siklus baterai lebih panjang.

atau bila ingin lebih aman lagi dan tetap bisa di-charge semalaman tanpa khawatir, bisa di-charge dengan menonaktifkan smartphone anda, dengan begitu setelah penuh arus tidak akan digunakan atau berkurang karena posisi smartphone sedang mati.

terimakasih, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar