8 Juli 2014

Project Ara, Ponsel pintar yang dapat dirakit !


Merakit adalah kata - kata yang tidak asing lagi bagi para maniak PC komputer, baik digunakan sebagai gaming, atau digunakan untuk kebutuhan khusus, namun tidak hanya dari PC komputer saja kata merakit juga sepertinya tidak lama lagi akan melekat pada ponsel pintar, mau tau apa itu ? ya itu adalah Project Ara.



Project Ara adalah sebutan untuk proyek pembuatan telepon seluler pintar modular atau ponsel rakitan yang pertama kali dicetuskan Motorola beberapa waktu lalu. Ketika Google menjual Motorola ke Lenovo, banyak yang bertanya, bagaimana nasib Project Ara?


Project Ara tetap dilanjutkan karena divisi yang bertanggung jawab atas proyek itu, Advanced Technology and Projects (ATAP) tetap dipertahankan Google. Proyek ini terbilang ambisius karena belum ada sejarahnya produsen membuat ponsel rakitan layaknya PC.

Dipimpin oleh Regina Dugan, mantan Direktur Defense Advanced Projects Agency (DARPA) Departemen Pertahanan AS, ATAP kini berada langsung di bawah kendali Google. Purwarupa ponsel pertama dari Ara diharapkan sudah akan tersedia beberapa minggu lagi dan peluncurannya secara komersial pada awal tahun depan.

Ide utama Project Ara adalah membantu konsumen yang gemar "ngoprek" untuk mengutak-atik ponsel mereka tak sekadar dengan mengganti ringtone, wallpaper, warna bodi atau custom ROM, tetapi juga bentuk dan fungsinya. Di sisi lain, sama seperti OS Android saat ini, yang terlibat dalam pengembangan peranti keras ponsel tak cuma perusahaan raksasa, tetapi ratusan bahkan ribuan perusahaan kecil lainnya. Karenanya, proyek ini akan bersifat terbuka, yang artinya setiap produsen boleh memproduksi peranti keras khusus buat produk Ara. Hal itu mirip dengan Android, kan? semua pengembang mulai dari studio raksasa sampai anak SMA bisa bikin aplikasi untuk Android, jika mampu hehe.

Ponsel pintar ini dikabarkan nantinya akan dihargai $50, ha ? yang bener ? murah banget !
nanti dulu, rupanya harga itu hanya untuk kerangkanya saja sisanya kita dapat membeli lewat vendor lain, ya seperti merakit komputer membeli di toko / penjual berbeda bertujuan agar mendapat harga yang pas dan juga hardware yang sesuai dengan keinginan.

berikut cuplikan videonya.. Cekidottt !!!


sudah kebayang dimasa depan nanti ponsel pintar akan seperti apa ? hahaha semoga bermanfaat, Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar