22 Maret 2013

Cara menghemat batre Android


Setiap orang menggunakan perangkat Android mereka untuk keperluan yang beragam. Dengan mengetahui pola pemakaiannya, maka pengguna bisa menghemat penggunaan baterai dengan maksimal.


1.Mengontrol penggunaan

Amati aktivitas penggunaan batre pada android, Android sendiri sudah menyediakan fitur ini melalui navigasi Settings - About Phone - Battery - Battery Use.




dari sini kita dapat mengetahui aplikasi yang menggunakan baterai paling banyak secara statistika yaitu "screen" menggunakan energi baterai sebanyak 45%, untuk mengoptimalkannya kita dapat mengatur display untuk menurunkan kecerahan dan mengganti untuk tidak menggunakan live wallpaper atau background yang dapat bergerak.

2. Bijak dalam menggunakan jaringan

Salah satu keunggulan handphone Android adalah selalu “online”. kita akan mendapatkan notifikasi pesan, data atau informasi baru dari setiap aplikasi yang terinstall di tablet/ hp Android secara instan. Artinya ponsel Android selalu terkoneksi dan melakukan sinkronisasi ke jaringan internet atau server dari masing-masing aplikasi. Hal inilah yang paling membuat ponsel Android boros baterai, jadi matikanlah koneksi internet anda jika sedang tidak diperlukan.

3.  Hindari Multitasking / aplikasi hantu
 aplikasi yang berjalan walau sedang tidak digunakan.
aplikasi hantu adalah aplikasi yang tetap berjalan meskipun sudah tidak digunakan. Biasanya aplikasi ini melakukan monitor perangkat ataupun melakukan pembaruan versi softwarenya.
Hal ini tentunya dapat menghabiskan daya secara cuma-cuma. Lebih baik, tutup saja aplikasi seperti ini jika memang sudah tidak dibutuhkan.

4. jaga suhu baterai

Membiarkan baterai terus menerus panas akan membuatnya bekerja tidak maksimal, seperti barmain game dan internetan terlalu lama. Jangan biarkan perangkat Anda berada di ruangan yang panas ataupun terkena sinar matahari langsung.

5. kecerahan layar

jika anda tidak begitu perduli dengan kecerahan pada device anda maka redupkanlah secukupnya, hal ini dapat menghemat baterai.

Semoga info yang saya berikan dapat bermanfaat untuk pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar