8 Juli 2014

Ini dia tips agar umur baterai mu awet !



Bagaimana menjaga umur baterai agar dalam pemakaian jangka waktu 1-2 tahun baterai tetap stabil dan tidak perlu service untuk ganti baterai, berikut tipsnya :




1.       Jangan pernah pakai baterai sampai benar-benar habis dan device menjadi mati. Kondisi ini akan berdampak pada pendeknya life cycle dari baterai. Karena baterai yang kosong ketika di-charge akan menerima “paksaan” berlebih. Ini alasan mengapa ketika kita membuka device baru, biasanya dari pabrik baterainya sudah ada isinya, tidak benar-benar kosong.

2.       Dalam penelitian, men-charge baterai tidak sampai benar-benar penuh, misal 90% saja, membuat baterai tidak mengalami paksaan dan menaikkan voltage berlebih. Umur baterai akan lebih awet. Hanya saja berarti Anda tidak bisa menggunakan device Anda selama yang seharusnya, karena baterai terisi hanya 90%.

3.       Kebiasaan untuk men-charge baterai ketika belum terlalu habis, misal 50% sudah di-charge kembali, ternyata menaikkan kemampuan life cycle.

4.       Jika device Anda tidak dibekali aplikasi bawaan pabrik seperti battery care, jika terus-terusan dicolok ke charger dan menyebabkan baterai panas, ini akan mengurangi umur baterai.

5.       Ketika device akan lama tidak dipakai, misalkan Anda pergi berlibur, charge dulu 50% sebelum ditinggalkan.

Jadi ketika dekat colokkan listrik, apakah tablet hybrid mending dicolok ke charger atau memakai baterai? Tinggal dilihat berapa sisa baterai dan kebutuhan Anda. Misal satu jam lagi Anda akan pergi keluar rumah membawa tablet tersebut dan perlu dipakai bekerja diperjalanan , sedangkan sekarang kondisi baterai masih cukup penuh, tersisa 70%. Charge saja!

Sumber detik.com

Semoga Bermanfaat, Terimakasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar